Membuat game puzzle tata surya - adobe flash actionscript 3.0

Hari ini saya akan membagikan tutorial mengenai bagaimana cara membuat gama puzzle dengan adobe flash cs 6 actionscript 3.0.
Sedikit saya menjelaskan tentang actionscript 3.0, actionscript 3.0 banyak digunakan dalam pembuatan game untuk platform android. Nah, oleh karena itu teman-teman bisa mengembangkan sebuah game kemudian mempublish di android.

Langkah-langkah pembuatan


Berikut langkah-langkah pembuatan game puzzle dengan adobe flash cs 6 actionscript 3.0 :

1. Buka lembar kerja actionscript 3.0
2. Untuk kali ini kita akan menggunakan contoh yang ada pada media pembelajaran tata surya. Tampilan puzzle game seperti gambar di bawah ini :

Gambar 1. tampilan game puzzle
Seperti yang terlihat pada gambar diatas, terdapat banyak planet-planet yang tersebar luas di luar angkasa. Nah, sekarang bagaimana kita dapat menyusun planet-planet tersebut sesuai dengan posisinya sebenarnya. Jawabannya adalah kita membuat titik-titik putih dengan yang terletak disetiap jalur planet, untuk matahari titik putih kita letakkan di tengah.

Setiap titik putih diubah kebentuk movie clip, atau tekan F8 dan pilih Movie Clip. Dan untuk planet-planet juga diubah kebentuk movie clip. Sebagai contoh adalah salah satu inti tata surya yaitu matahari :

Gambar 2. Nama instansi movie clip
Matahari diubah ke movie clip dengan nama matahari_mc dan disimpan di library, sedangkan untuk instance name pada matahari_mc adalah p_matahari

Titik putih berada di tengah diberi nama movieclip mark_planet, dimana nama instansi diberi nama mark_matahari, karena ini akan menjadi posisi sebenarnya untuk matahari.

Artinya jika matahari dengan nama p_matahari digeser ke titik putih mark_matahari dan klik mouse dilepaskan maka movie clip matahari akan berada di titik mark_matahari, jika sudah berada di titik mark_matahari movie clip matahari tidak dapat dipindahkan lagi.

Untuk keseluruhan nama planet beserta posisinya adalah sebagai berikut :

p_matahari       =  mark_matahari
p_markurius     =  mark_markurius
p_bumi             =  mark_bumi
p_jupiter           =  mark_jupiter
p_pluto             =  mark_pluto
p_uranus           =  mark_uranus
p_saturnus        =  mark_saturnus
p_neptunus       =  mark_neptunus
p_venus            =  mark_venus
p_mars              =  mark_mars


3. Pada frame 1, tekan F9 untuk menampilkan action-frame. Kemudian ketikkan script seperti di bawah ini :

import flash.events.MouseEvent;
import flash.events.Event;

stop();

var poin_matahari:Boolean=false;
var poin_markurius:Boolean=false;
var poin_venus:Boolean=false;
var poin_bumi:Boolean=false;
var poin_mars:Boolean=false;
var poin_jupiter:Boolean=false;
var poin_saturnus:Boolean=false;
var poin_uranus:Boolean=false;
var poin_neptunus:Boolean=false;
var poin_pluto:Boolean=false;

// matahari
p_matahari.addEventListener(MouseEvent.MOUSE_DOWN,pmatahari_drag);
function pmatahari_drag(e:MouseEvent):void{
p_matahari.startDrag();
}
p_matahari.addEventListener(MouseEvent.MOUSE_UP,pmatahari_drop);
function pmatahari_drop(e:MouseEvent):void{
stopDrag();
if(p_matahari.hitTestObject(mark_matahari)){
p_matahari.mouseEnabled=false;
p_matahari.x=mark_matahari.x;
p_matahari.y=mark_matahari.y;
poin_matahari=true;
}
}

// markurius
p_markurius.addEventListener(MouseEvent.MOUSE_DOWN,pmarkurius_drag);
function pmarkurius_drag(e:MouseEvent):void{
p_markurius.startDrag();
}
p_markurius.addEventListener(MouseEvent.MOUSE_UP,pmarkurius_drop);
function pmarkurius_drop(e:MouseEvent):void{
stopDrag();
if(this.hitTestObject(mark_markurius)){
p_markurius.mouseEnabled=false;
p_markurius.x=mark_markurius.x;
p_markurius.y=mark_markurius.y;
poin_markurius=true;
}

// venus
p_venus.addEventListener(MouseEvent.MOUSE_DOWN,pvenus_drag);
function pvenus_drag(e:MouseEvent):void{
p_venus.startDrag();
}
p_venus.addEventListener(MouseEvent.MOUSE_UP,pvenus_drop);
function pvenus_drop(e:MouseEvent):void{
stopDrag();
if(p_venus.hitTestObject(mark_venus)){
p_venus.mouseEnabled=false;
p_venus.x=mark_venus.x;
p_venus.y=mark_venus.y;
poin_venus=true;
}

// bumi
p_bumi.addEventListener(MouseEvent.MOUSE_DOWN,pbumi_drag);
function pbumi_drag(e:MouseEvent):void{
p_bumi.startDrag();
}
p_bumi.addEventListener(MouseEvent.MOUSE_UP,pbumi_drop);
function pbumi_drop(e:MouseEvent):void{
stopDrag();
if(p_bumi.hitTestObject(mark_bumi)){
p_bumi.mouseEnabled=false;
p_bumi.x=mark_bumi.x;
p_bumi.y=mark_bumi.y;
poin_bumi=true;
}

// mars
p_mars.addEventListener(MouseEvent.MOUSE_DOWN,pmars_drag);
function pmars_drag(e:MouseEvent):void{
p_mars.startDrag();
}
p_mars.addEventListener(MouseEvent.MOUSE_UP,pmars_drop);
function pmars_drop(e:MouseEvent):void{
stopDrag();
if(p_mars.hitTestObject(mark_mars)){
p_mars.mouseEnabled=false;
p_mars.x=mark_mars.x;
p_mars.y=mark_mars.y;
poin_mars=true;
}

// jupiter
p_jupiter.addEventListener(MouseEvent.MOUSE_DOWN,pjupiter_drag);
function pjupiter_drag(e:MouseEvent):void{
p_jupiter.startDrag();
}
p_jupiter.addEventListener(MouseEvent.MOUSE_UP,pjupiter_drop);
function pjupiter_drop(e:MouseEvent):void{
stopDrag();
if(p_jupiter.hitTestObject(mark_jupiter)){
p_jupiter.mouseEnabled=false;
p_jupiter.x=mark_jupiter.x;
p_jupiter.y=mark_jupiter.y;
poin_jupiter=true;
}

// saturnus
p_saturnus.addEventListener(MouseEvent.MOUSE_DOWN,psaturnus_drag);
function psaturnus_drag(e:MouseEvent):void{
p_saturnus.startDrag();
}
p_saturnus.addEventListener(MouseEvent.MOUSE_UP,psaturnus_drop);
function psaturnus_drop(e:MouseEvent):void{
stopDrag();
if(p_saturnus.hitTestObject(mark_saturnus)){
p_saturnus.mouseEnabled=false;
p_saturnus.x=mark_saturnus.x;
p_saturnus.y=mark_saturnus.y;
poin_saturnus=true;
}


// neptunus
p_neptunus.addEventListener(MouseEvent.MOUSE_DOWN,pneptunus_drag);
function pneptunus_drag(e:MouseEvent):void{
p_neptunus.startDrag();
}
p_neptunus.addEventListener(MouseEvent.MOUSE_UP,pneptunus_drop);
function pneptunus_drop(e:MouseEvent):void{
stopDrag();
if(p_neptunus.hitTestObject(mark_neptunus)){
p_neptunus.mouseEnabled=false;
p_neptunus.x=mark_neptunus.x;
p_neptunus.y=mark_neptunus.y;
poin_neptunus=true;
}

// uranus
p_uranus.addEventListener(MouseEvent.MOUSE_DOWN,puranus_drag);
function puranus_drag(e:MouseEvent):void{
p_uranus.startDrag();
}
p_uranus.addEventListener(MouseEvent.MOUSE_UP,puranus_drop);
function puranus_drop(e:MouseEvent):void{
stopDrag();
if(p_uranus.hitTestObject(mark_uranus)){
p_uranus.mouseEnabled=false;
p_uranus.x=mark_uranus.x;
p_uranus.y=mark_uranus.y;
poin_uranus=true;
}

// pluto
p_pluto.addEventListener(MouseEvent.MOUSE_DOWN,ppluto_drag);
function ppluto_drag(e:MouseEvent):void{
p_pluto.startDrag();
}
p_pluto.addEventListener(MouseEvent.MOUSE_UP,ppluto_drop);
function ppluto_drop(e:MouseEvent):void{
stopDrag();
if(p_pluto.hitTestObject(mark_pluto)){
p_pluto.mouseEnabled=false;
p_pluto.x=mark_pluto.x;
p_pluto.y=mark_pluto.y;
poin_pluto=true;
}


4. Jika langkah-langkah di atas diikuti dengan benar tekan ctrl+enter untuk running game puzzle.


Membuat game puzzle tata surya - adobe flash actionscript 3.0 Membuat game puzzle tata surya - adobe flash actionscript 3.0 Reviewed by Ardy S on December 30, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.