Penulisan Instance name tidak boleh sama!!

Case sensitive tidak hanya pada program java atau lainnya, di bahasa pemrograman flash juga terdapat yang namanya case sensitive. Apa itu Case Sensitive ? Case Sensitive adalah metode yang membedakan penulisan baik itu penulisan dengan huruf besar maupun huruf kecil. Misalnya penulisan untuk menentukan koordinat "_x" tidak sama dengan "x".

Instance Name

Oke! Kali ini membahas tentang instance name. Apa itu Instance name?
Instance name adalah penamaan instansi/objek tertentu.

Bagaimana cara menuliskan instance name untuk movieclip atau button?

Penulisan Instance name dapat dilakukan apabila objek bitmap atau teks sudah di convert ke bentuk movieclip atau button. Untuk mengconvert kebentuk movieclip atau button dapat dilakukan dengan cara menekan F8 atau klik object kemudian tekan klik kanan, pilih Convert to Symbol.

Convert to Symbol
Convert to Symbol
Kemudia terdapat tiga pilihan, yaitu Movieclip, Button, dan Graphic.

type movieclip, button, dan graphic
type movieclip, button, dan graphic

Nah, dari ketiga pilihan ini kita memilih satu. Untuk kasus kali ini saya memilih button. Setelah memilih button, pilihlah OK.

instance name kembali
instance name kembali
Objek yang telah di ubah kebentuk button diberikan nama instansinya atau instance name. Disini saya memberikan nama "btn_kembali". 

~ Done

Mengapa Instance name tidak boleh sama ?!!


Ini menjadi pertanyaan tiap orang. Mengapa instance name tidak boleh sama?!!

Contoh kasus :

- Kita membuat tombol back frame di tiga buah frame, dan nama masing-masing instance name adalah sama yaitu "btn_kembali". Maka dipenulisan programnya pun seperti pada dibawah ini (Kali ini saya menggunakan bahasa Actionscript 3.0).

Di Frame 1;

btn_kembali.addEventLisener(MouseEvent.CLICK,btnKembali);function btnKembali(e:MouseEvent):void{       prevFrame();}

Di Frame 2, saya menulis ;

btn_kembali.addEventLisener(MouseEvent.CLICK,btnKembali2);
function btnKembali2(e:MouseEvent):void{
       prevFrame();
}

Di Frame 3, saya menulis ;

btn_kembali.addEventLisener(MouseEvent.CLICK,btnKembali3);
function btnKembali3(e:MouseEvent):void{
       prevFrame();
}

Saya jelaskan sedikit:

Pada tiap frame penulisan programanya adalah sama, namun yang membuat penulisannya berbeda adalah terletak pada function-nya. Bisa kita lihat :

- Di Frame 1, function yang salah tulis adalah "btnKembali"
- Di Frame 2, function yang salah tulis adalah "btnKembali2"
- sedangkan di Frame 3, function yang salah tulis adalah "btnKembali3"

Script diatas bekerja, tetapi menghasilkan bug yang tidak terdeteksi. Jadi ketika program di Runtime hasil Bug tidak di Output dan program dapat bekerja. Tetapi ketika melakukan tester program maka kita bisa melihat Bug-nya yaitu tombol btn_kembali bekerja tidak sesuai yang ditargetkan.

Artinya, jika seluruh program ingin bekerja dengan baik harus dengan memberikan nama yang berbeda untuk masing-masing Instance name-nya. Apabila pada instance name tertulis btn_kembali, maka pada masing-masing dituliskan berbeda, yaitu : btn_kembali1, btn_kembali2, dan btn_kembali3.

~ Semoga Bermanfaat ~

Flash tutorial || Modul Flash

Penulisan Instance name tidak boleh sama!! Penulisan Instance name tidak boleh sama!! Reviewed by Ardy S on March 20, 2016 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.