Mengenal Syntax Dasar Actionscript 3.0




Syntax-mengenal dasar actionsript 3
Syntax-mengenal dasar actionsript 3

Pengenalan

Belajar pemrograman flash tidaklah sesulit seperti apa yang Anda banyangkan, asal benar-benar ada niat bulat untuk mencoba terus mencoba untuk belajar. Dasar dari pemrograman flash sama halnya seperti belajar Bahasa C++. Karena pada dasarnya penulisan atau syntax-nya hampir sama.

Syntax

Apa itu syntax ?
Syntax atau sintaks dari bahasa pemrograman adalah seperangkat aturan yang harus Anda ikuti. Kesalahan pada sintaks yang paling umum dibuat oleh developer, terutama ketika pertama kali belajar Actionscript. Biasanya, tidak bisa meng-compiler kode. Satu hal yang perlu diingat, penulisan tidak memberikan informasi mengenai makna dibalik simbol atau struktur kode yang Anda buat.

Contoh

Case Sensitif. 

Misalkan pada penulisan dua buah variabel :
var contohVar : int;
var ContohVar : int;

Semicolon 

Titik koma ( ; ), digunakan untuk mengakhiri pernyataan. Setiap baris code merupakan pernyataan tunggal dan harus diakhiri dengan titik koma. Jelasnya, lebih memudahkan Anda ketika membaca kode.

Tanda Kurung ( ) 

Anda dapat menggunakan tanda kurung ( ( ) ) dalam tiga cara dalam Actionscript 3.0. Pertama, dapat menggunakan tanda kurung untuk mengubah urutan operasi dalam sebuah ekpresi. Contohnya :

trace ( 2 + 3 * 4); // hasilnya adalah 14
trace ( ( 2 + 3 ) * 4); // hasilnya adalah 20

Kedua,

var a : int = 2;
var b : int = 3;
trace ((a++, b++, a+b)); // hasilnya adalah 7 Ketiga,

trace("hello"); // hello

Kode Block 

Satu atau lebih baris kode dalam tanda kurung kurawal ({ }) disebut dengan block. Kode dikelompokkan bersama dan diatur dalam block. Kontruksi seperti class, function, dan loop terkandung di dalam block.

function sampleFunction():void{
var sampleVariable:String = "Hello, world.";
   trace(sampleVariable);
}
for(var i:uint=10; i>0; i--){
     trace(i);
}

Whitespace ( Spasi ) 

Setiap jarak dalam kode-spasi, tab, jeda baris, dan sebagainya disebut sebagai ruang putih. Whitespace dibuat agar kode mudah dibaca.

for(var i:uint=0; i<10; i++){
    trace(i);
}
for(var i:uint=0; i<10; i++){

   trace(i);
}
Download file pdf >> download

Flash || Actionscript || Game || Flash Basic || Class

Mengenal Syntax Dasar Actionscript 3.0 Mengenal Syntax Dasar Actionscript 3.0 Reviewed by Ardy S on February 22, 2016 Rating: 5

1 comment:

Powered by Blogger.