Membuat Animasi Bounce

Hai sobat,
Tutorial kali ini tentang bagaimana cara membuat Animasi Bounce dengan menggunakan adobe flash actionscript 2.0, gerakan bounce sama seperti pantulan bola basket atau mungkin lebih miripnya seperti Bounce-man manusia karet (Luffy) di One Piece. Actionscript 2.0 dan 3.0 masih belum mendukung ke HTML5. Tapi sobat jangan takut, karena Flash masih banyak digunakan dalam pembuatan animasi dan game untuk desktop maupun Android.

Flash-Animasi Bounce


Animasi yang saya buat kali ini cukup sederhana, tidak menggunakan banyak script. Pantulan bola terjadi ketika bola tersebut menyentuh dinding yaitu dinding kanan dan dinding kiri, dan bola bergerak secara horizontal.

animasi bounce dengan actionscript
animasi bounce dengan actionscript
Bola berwarna ungu mengkilat ini adalah bola yang akan bergerak secara horizontal. Bola memantul apabila menyentuh bagian dinding atau menyentuh batas stage (lembar kerja) Flash. 

Layer dan Frame- Animais Bounce


Layer dan Frame-frame yang dibutuhkan untuk pembuatan Animasi bounce ini hanya memerlukan dua buah layer dan satu buah frame. 

layer dan frame yang diperlukan
layer dan frame yang diperlukan
Layer 2 adalah layer objek bola, sedangkan Layer 1 adalah sebagai background. Jika kita perhatikan bagian bola sungguh mengkilat. Yeps, objek bola adalah objek movieclip dimana terdiri dari 3 (tiga) buah layer, yaitu :

tiga buah layer yang diperlukan agar bola terlihat mengkilat
tiga buah layer yang diperlukan agar bola terlihat mengkilat
Sebenarnya objek yang digunakan tidak harus berbentuk bola, Anda bisa menggunakan objek lain seperti kotak, gambar, dan sebagainya, hal yang terpenting pada sebuah objek adalah mengconvertnya kebentuk movieclip.

Lalu bagaimana untuk penulisan scriptnya ?

Script - Movieclip


Script tidak diletakkan di frame tetapi script diletakkan di objeknya. Script-Movieclip harus diletakkan di dalam movieclip, beda seperti Actionscript 3.0 dimana scriptnya harus dituliskan di frame (Action-Frame). 

Script yang Anda gunakan untuk pembuatan Animasi Bounce :

onClipEvent(load){
    kecepatanx = 10;
}
onClipEvent(enterFrame){
    _x+=kecepatanx;
   
    if(_x>=Stage.width-_width/2){
        kecepatanx *=-1;
       //-- diketik oleh blogku29.web.id
    }
    if(_x<=_width/2){//"_x<=" berlawanan.
        kecepatanx *=-1;
    }
}

Penjelasan script :

Script diatas dapat Anda lihat nilai kecepatanx=10, nilai ini digunakan untuk menggerakan objek. Kemudian dilanjutkan dengan nilai _x+=kecepatanx;, dimana script ini digunakan untuk menggerakan objek bola kearah kanan.

Kemudian terdapat kondisi if(_x>=Stage.width-_width/2){, adalah kondisi ketika menyentuh dinding atau stage. Ketika objek bola menyetuh dinding maka nilai kecepatan pada bola tersebut adalah kecepatanx *=-1;, dimana ini berfungsi ketika telah menyetuh dinding kanan.

Kemudian dilanjutkan dengan kondisi if(_x<=_width/2){, digunakan ketika objek bola menyetuh bagian kiri/dinding kiri. Kemudian nilai kecepatanx *=-1;, digunakan ketika bola menyentuh dingin kiri.

Untuk hasilnya bisa Anda unduh di link download

Animasi ini dibuat dengan menggunakan software adobe flash cs 6, actionscript 2.0. Software flash ini banyak digunakan untuk membuat animasi dan game, baik berbasis Desktop maupun berbasis Android.



Adobe Flash cs || Flash Tutorial || Dasar Membuat Animasi dan Game.


Membuat Animasi Bounce Membuat Animasi Bounce Reviewed by Ardy S on February 01, 2016 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.