Membuat Permainan Benar atau Salah (True or False)

Seperti apakah Permainan Benar atau Salah ?

Oke, di tutorial kali ini saya akan membahas tentang cara membuat permainan benar atau salah. Di permainan ini Anda hanya diminta untuk menjawab benar atau salah. Artinya, saya telah menyiapkan tombol Benar (B) atau Salah (S) yang akan Anda pilih.

True or False Game
True or False Game


Flash Tutorial - True or False Game

Permainan benar atau salah ini saya buat menggunakan Adobe Flash professional cs 6, actionscript 2.0. Jujur saja, tutorial ini sudah lama saya dapat dari situs seseorang dan lupa nama situsnya (kira-kira sudah 3 tahun lalu saya dapatkan tutorial ini), kemudian sedikit saya modifikasi.

Berikut tampilan permainan Benar atau Salah.

Game - Benar dan salah
Game - Benar dan Salah

Seperti yang Anda lihat pada gambar diatas, terdapat banyak pertanyaan penjumlahan (matematika) dan disamping soal terdapat dua buah tombol "B" dan "S", dimana B adalah Benar dan S adalah Salah.

gambar game benar dan salah
gambar - game benar dan salah

Untuk pembuatannya sendiri pun tidak terlalu sulit. Pada permainan terdapat tombol Koreksi, tombol ulangi, tombol benar dan salah, soal penjumlahan dengan (type text = static text), dan kolom nilai.

Perhatikan bagian kolom nilai berikut, 

Membuat kolom nilai atau kolom koreksi
Membuat kolom nilai atau kolom koreksi
Pada panel Options Variable diisi dengan "nilai". Sedangkan untuk tombol, nama instansi untuk tombol Koreksi diisi dengan "koreksi_btn", tombol ulangi diisi dengan "ulangi_btn".

Oiya, untuk tombol B dan S nama instansinya ditulis dengan "benar_btn1" dan "salah_btn1"
Nah, bagaimana cara membuat soalnya berikutnya ?
Soal berikutnya sama, bedanya tombol  B dan S  ditulis dengan "benar_btn2" dan "salah_btn2". Begitu seterusnya sampai akhir soal.

Pada frame satu action-frame yang perlu Anda ketikkan adalah seperti berikut ini :


jawabanBenar1 = "benar";
jawabanBenar2 = "salah";
jawabanBenar3 = "benar";
jawabanBenar4 = "benar";
jawabanBenar5 = "benar";
jawabanBenar6 = "salah";
jawabanBenar7 = "salah";
jawabanBenar8 = "benar";
jawabanBenar9 = "benar";
jawabanBenar10 = "salah";

jumlahBenar = 0;

jumlahSalah = 0;
for (i=1; i<=10; i++) {
       _root["jawabanPemain"+i] = "";

    _root["benar_btn"+i].no = i;

    _root["salah_btn"+i].no = i;
      _root["benar_btn"+i].onPress = function() {
             this._alpha = 40;
           _root["jawabanPemain"+this.no] = "benar";
       
        _root["salah_btn"+this.no]._alpha = 100;
    };
 
    _root["salah_btn"+i].onPress = function() {
   
        this._alpha = 40;
     
        _root["jawabanPemain"+this.no] = "salah";
 
        _root["benar_btn"+this.no]._alpha = 100;
    };
}

koreksi_btn.onPress = function() {
    for (j=1; j<=10; j++) {

        koreksi_btn.no = j;
     
        _root["benar_btn"+j].enabled = false;
        _root["salah_btn"+j].enabled = false;
      
        if (_root["jawabanPemain"+j] == _root["jawabanBenar"+j]) {
            //nilai variable jumlahBenar ditambah 1
            jumlahBenar += 1;
            //jalankan fungsi animContreng
            animContreng(this.no, _root["salah_btn"+this.no]._x+30, _root["salah_btn"+this.no]._y);
        }
    
        if (_root["jawabanPemain"+j] != _root["jawabanBenar"+j]) {
        
            jumlahSalah += 1;
       
            animSilang(this.no, _root["salah_btn"+this.no]._x+30, _root["salah_btn"+this.no]._y);
        }
       
        nilai = "Benar : "+jumlahBenar+"    "+"Salah : "+jumlahSalah;
    }
   
    this.enabled = false;
 
    this._alpha = 40;
};

ulangi_btn.onPress = function() {
    for (k=1; k<=10; k++) {
      
        nilai = "";
   
        jumlahBenar = 0;
      
        jumlahSalah = 0;
     
        koreksi_btn._alpha = 100;
  
        koreksi_btn.enabled = true;
     
        _root["contreng"+k].removeMovieClip();
     
        _root["silang"+k].removeMovieClip();
     
        _root["jawabanPemain"+k] = "";
    
        _root["benar_btn"+k]._alpha = 100;
     
        _root["salah_btn"+k]._alpha = 100;
 
        _root["benar_btn"+k].enabled = true;
        _root["salah_btn"+k].enabled = true;
    }
};
//fungsi animContreng
function animContreng(id, posX, posY) {

    contreng = attachMovie("contreng", "contreng"+id, _root.getNextHighestDepth(), {_x:posX, _y:posY});
 
    contreng._xscale = 20;
    contreng._yscale = 20;
}

function animSilang(id, posX, posY) {
 
    silang = attachMovie("silang", "silang"+id, _root.getNextHighestDepth(), {_x:posX, _y:posY});
   
    silang._xscale = 20;
    silang._yscale = 20;
}

Penggalan script diatas terlihat cukup banyak, tapi sebenarnya cukup mudah untuk dipelajari.

Jika keseluruhan script sudah ditulis dengan benar, selanjut jalankan program dengan menekan Ctrl+Enter.

Jika masih kesulitan... tutorialnya bisa Anda dapatkan di link dibawah ini :

Download tutorial False or True Game here

Flash Tutorial || Game Tutorial || Animation Tutorial || Ilmu Flash || Actionscript


Membuat Permainan Benar atau Salah (True or False) Membuat Permainan Benar atau Salah (True or False) Reviewed by Ardy S on January 14, 2016 Rating: 5

7 comments:

  1. wih, blog keren nih ^^ banyak tutorial yang bisa dipelajari buat ilmu baru..

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih.. :D
      Silahkan dicoba.

      Delete
    2. gan ardy,, ada tutor game puzzle di actionscript 3 nggak.. trims.

      Delete
  2. tutorial untuk action script 3 nya ada gak, gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk AS 3 nya masih blum ada gan.. -_-"

      Delete
  3. gan saya mau tanya...
    kan saya buat soalnya di dalam movieclip..
    dan script "_root"nya kan harus dihapus..
    tapi jadinya tidak bisa jalan...
    mohon bantuannya gan...
    buat skripsi saya,hhee

    ReplyDelete

Powered by Blogger.