Membuat Animasi Rentetan Bola/peluru - Actionscript 3.0

Animasi rentetan bola dibuat dengan adobe flash cs
Animasi rentetan bola dibuat dengan adobe flash cs

Mengenal dua buah teknik sederhana di dalam flash, yaitu :
  • Teknik Motion Tween
  • Teknik Shape Tween

Animasi dengan Flash tidak selalu menggunakan Timeline dengan teknik motion tween ataupun dengan teknik shape tween. Tetapi kali ini menggunakan script yang akan membuat objek bergerak. Membuat animasi rentetan menggunakan looping atau perulang dimana objeknya akan terus bergerak dan menciptakan objek baru sesuai keinginan.

Flash tutorial - Bagaimana Cara Membuatnya ?


Pada tutorial kali ini saya akan menjelaskan secara singkat tentang bagaimana membuat animasi rentetan bola/peluru dengan adobe flash cs. Berikut ini tutorial yang bisa saya berikan kepada Anda.

Gambar 1 - background
  • Gambar diatas adalah sebuah background yang dibuat dengan menggunakan Tool --> rectangle tool, kemudian di convert ke MovieClip.

Gambar 2 - Layer 1
  • Buatlah background di layer 1.
  • Dan berikutnya adalah memberikan nama instansi "mc" untuk background.

Gambar 3 - nama instansi adalah mc

  • Kemudian tambahkan script di layer 1, frame 1.

var i:Number=0;
var n:Array=new Array();
var m:Array=new Array();
var multiply:Number=20;


var ballProperties:Array = new Array();
    var red:Number=Math.random()*255;
    var green:Number=Math.random()*255;
    var blue:Number=Math.random()*255;

while (i< multiply) {

    ballProperties[i] = new Shape();
    ballProperties[i].graphics.beginFill(0x000000);
    ballProperties[i].graphics.drawCircle(20, 10, 20);
    ballProperties[i].graphics.endFill();
    ballProperties[i].graphics;
    ballProperties[i].transform.colorTransform=new ColorTransform(1,1,1,1,red,green,blue);
    ballProperties[i].blendMode="add";
    addChild(ballProperties[i]);


    n[i]=Math.random()*(5);
    m[i]=Math.random()*(5);
    i++;
}


var myDelay:Timer=new Timer(10);
myDelay.addEventListener(TimerEvent.TIMER, MOVEMENT);
myDelay.start();

stage.addEventListener(Event.ENTER_FRAME,HITTEST);
function HITTEST(e:Event) {
    i=0;
    while (i< multiply) {
        if (ballProperties[i].hitTestObject(right_mc)) {
            n[i]=-5;
            ballProperties[i].x = Math.random()*10;
            ballProperties[i].y = Math.random()*10;
        }
        if (ballProperties[i].hitTestObject(left_mc)) {
            n[i]=5;
            ballProperties[i].x = Math.random()*10;
            ballProperties[i].y = Math.random()*10;
        }
        if (ballProperties[i].hitTestObject(top_mc)) {
            m[i]=Math.random()*5;
            ballProperties[i].x = Math.random()*10;
            ballProperties[i].y = Math.random()*10;
        }
        if (ballProperties[i].hitTestObject(bottom_mc)) {
            m[i]=Math.random()*(-5);
            ballProperties[i].x = Math.random()*10;
            ballProperties[i].y = Math.random()*10;
        }
        i++;
    }
}


function MOVEMENT(e:Event) {
    i=0;
    while (i< multiply) {
        ballProperties[i].x=ballProperties[i].x+n[i];
        ballProperties[i].y=ballProperties[i].y+m[i];
        i++;
    }
}




  • Tes program dengan menekan Ctrl+Enter.
Ketika dilakukan tes program Anda akan melihat bola bercahaya keluar dari sisi kiri bagian atas.

Gambar 4 - hasil program
Di tutorial kali ini saya tidak menjelaskan panjang lebar.
Lebih lengkapnya dapatkan di sini

Download Flash Tutorial || Tutorial Flash || actionscript || Game Tutorial || Animation Tutorial

Membuat Animasi Rentetan Bola/peluru - Actionscript 3.0 Membuat Animasi Rentetan Bola/peluru - Actionscript 3.0 Reviewed by Ardy S on January 01, 2016 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.