Menggambar objek - Actionscript 3/AS3

Menggambar objek dengan menggunakan script Actionscript 3/AS3
Menggambar objek dengan menggunakan script Actionscript 3/AS3

Menggambar Object


Hari ini saya mau bagi-bagi tutorial tentang bagaimana cara mewarnai sebuah objek yang dibuat dengan menggunakan variabel "BitmapData", dan "Shape".
Oke., Teknik mewarnai ini saya menggunakan metode FloodFill, dimana teknik ini banyak digunakan dalam pewarnaan sebuah objek, atau mengubah/transformasi warna ke tiap-tiap bagian.
Berikut penggalan script yang dapat Anda lihat langsung dengan menggunakan Actionscript 3.0/AS3 adobe Flash cs 4,5,6.
  
    var canvas:BitmapData = new BitmapData(150,200,false, 0xFFFFCC);
    var s:Shape = new Shape();
    s.graphics.lineStyle(2,0x000000);
    s.graphics.moveTo(0,0);// titik registrasi point
    s.graphics.lineTo(0,200);
    s.graphics.lineTo(149,200);
    s.graphics.lineTo(149,0);
    s.graphics.lineTo(0,0);
  
    var destination:Bitmap = new Bitmap(canvas);
    destination.x = 0;
    destination.y = 0;
    addChild( destination );
    canvas.draw(s);

addEventListener(MouseEvent.CLICK, onDown);
function onDown(evt:MouseEvent):void {

    canvas.floodFill(mouseX, mouseY, 0xFF0000);

}

Penjelasan singkat : 

terdapat script var canvas:BitmapData = new BitmapData(150,200,false, 0xFFFFCC);, dimana fungsinya untuk membuat sebuah canvas dengan ukuran 150 px dan 200 px, dengan koder warna 0xFFFFCC.  

Mengapa harus menciptakan canvas terlebih dahulu ?

Canvas sama seperti sebuah kertas yang masih kosong. Diatas canvas nanti akan diciptakan gambar dengan kode s.graphics.lineStyle(2,0x000000);. Linestyle digunakan untuk membuat sebuah garis dengan ketebalan garis 2.0 dan kode warna 000000;,

Kemudian diteruskan dengan script  s.graphics.moveTo(0,0);. Script ini digunakan untuk menentukan titik koordinat atau sebagai titik (point) /registration point

s.graphics.lineTo(0,200);, adalah script yang akan menciptakan garis lurus dari koordinat x=0, dan y=200,. Jika Anda temukan script dengan perintah lineTo(); maka script tersebut digunakan untuk menciptakan garis.

Script destination.x = 0;, adalah script untuk mengatur posisi objek, dimana x adalah koordinat x dengan nilai 0, dan  destination.y = 0;, adalah script untuk mengatur posisi y objek dengan nilai 0.

Script  addChild( destination );,menambahkan objek destination ke lembar kerja atau menambahkan ke canvas Anda.

Script canvas.draw(s);, digunakan untuk menampilkan/menciptakan canvas diatas lembar kerja Anda.

Adapun script addEventListener(MouseEvent.CLICK, onDown);, dibuat untuk membuat suatu event KLIK, dapat Anda lihat pada script tertulis MouseEvent.CLICK, artinya perintah ini digunakan untuk eksekusi klik pada mouse.



Metode FloodFill ?

Sesungguhnya metode Floodfill lumayan sulit diterapkan didalam Flash., Apalagi metode ini Anda gunakan dalam permainan anak-anak,.. sebaiknya menggunakan teknik mewarnai dengan script yang sudah disiapkan didalam flash., 

Metode Floodfill adalah metode yang digunakan untuk mewarnai suatu objek diatas canvas, dimana teknik pewarnaan yang digunakan dengan membaca area kosong, jika area kosong (berwana putih) ditemukan maka script Floodfill akan bekerja dan akan mengisi area kosong tersebut dengan warna putih.

Jika masih berminat menggunakan metode Floodfill, okeh.,... selamat mencoba.. :)
Ganbate Kudasai..

Tutorial Flash Professional || Download Tutorial || Membuat Game || Membuat Animasi || Actionscript

Menggambar objek - Actionscript 3/AS3 Menggambar objek - Actionscript 3/AS3 Reviewed by Ardy S on September 24, 2015 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.