Membuat Game dengan Metode Grid - Actionscript 3.0

Membuat Game dengan Metode Grid - Actionscript 3.0
Membuat Game dengan Metode Grid - Actionscript 3.0



Pada tutorial Membuat Grid Dinamis dengan Class Actionscript 3.0, kita telah membuat grid dinamis. Di tutorial ini akan dijelaskan cara memanfaatkan grid untuk membentuk pola tertentu yang sangat berguna nantinya bagi Anda ketika membuat sebuah game.

RANDOM WARNA


Seandainya Anda menginginkan grid dengan warna random, dengan membuat grid 5 kolom dan 5 baris.

buatGrid(5,5);

Hasilnya adalah 5 kolom dan 5 baris kotak biru di Stage. Untuk membuatnya menjadi warna random, berikut function yang Anda akan ketikkan:

function buatGrid(jlhBar:int, jlhKol:int)
{//...
   //tambahan
    warnaMC(kotak, true, 0x888888);<br>//...
}

function warnaMC(mc:MovieClip, acak:Boolean, color:uint)
{
    var warna:ColorTransform = new ColorTransform();
    acak ? warna.color = Math.random() * 0xFFFFF:warna.color = color ;
    mc.transform.colorTransform = warna;

Fungsi warnaMC() memilik 3 parameter: movieclip yang akan diwarnai, kondisi acak, dan warna. Jika pada parameter "acak=true" maka warna akan di acak (random), jika tidak, maka warna akan memakai parameter ke-3.
   
warnaMC(kotak, true, 0x888888);

Kode di atas menyatakan warna "kotak" diacak (true). Sedangkan parameter ketiga tidak akan dipakai. 
   
warnaMC(kotak, false, 0x888888);

Kode di atas berarti "acak=false" dan semua kotak akan diberi warna "0x888888";

Kira-kira seperti dibawah inilah kode warna yang sudah diacak (random).




RANDOM FRAME


Gambar di bawah ini dibuat dengan grid 6x6.
Perbedaanya, class  yang kita impor, class "Pop" kali ini bukan mc kosong dengan warna melainkan mc dengan 7 frame berisi 7 image. Image berikut ini diambil dari game Line Pop.


Potong masing-masing karakter menjadi 1 jpg ukuran 54x54. Dan masukkan ke mc, lalu namakan class-nya "Pop". Atau boleh dibuat satu MC dengan mask di setiap bagian karakter. Sesuaikan x karakter sehingga x,y adalah 0,0.

var jlhFrame:int = 7;

function buatGrid(jlhBar:int, jlhKol:int)
{
 //...
        var kotak:Pop = new Pop();
    var rand:int = Math.round(Math.random()*jlhFrame)+1;
    kotak.gotoAndStop(rand);
//...
}

Hanya sedikit penambahan dari kode sebelumnya. Isinya sudah jelas: ambil "Pop" dari Library. Pop akan ke frame nomor random di antara 7 frame yang ada.
Hasilnya seperti gambar ini:

Hasil menggunakan grid
Hasil menggunakan grid
 sumber : http://nayzuko.com
Membuat Game dengan Metode Grid - Actionscript 3.0 Membuat Game dengan Metode Grid - Actionscript 3.0 Reviewed by Ardy S on June 25, 2015 Rating: 5

2 comments:

Powered by Blogger.