Istilah Trojan

Istilah trojan
Istilah trojan

Sejarah Trojan

Trojan atau Trojan horse (kuda troya) berasal dari mitologi Yunani pada saat perang troya. Dalam peperangan tersebut, pasukan yunani melawan pasukan kerjaan troya. Pasukan yunani telah mengepung kota troya selama sepuluh tahun. Namun, karena pasukan kerajaan troya cukup tangguh, maka pasukan yunani sulit mengalahkannya. Akhirnya, pasukan yunani membuat strategi dengan membuah sebuah kuda raksasa yang terbuat dari kayu. kuda yang dibuat ini cukup unik, didalamnya berongga sehingga dapat diisi dengan pasukan yunani. Pasukan yunani berpura-pura mundur dan sambil memberikan hadiah kuda kayu raksasa tersebut. Dengan bantuan seorang spionase yunani bernama sinon, penduduk kota troya berhasil diyakinkan untuk menerima kuda kayu raksasa itu dan memasukkannya kedalam kota. Pada malam harinya, pasukan yunani yang berada di dalam kuda kayu keluar, kemudian membuka gerbang dan kota troya diserang. Dengan cara tersebut, kota troya dapat dikuasai oleh yunani.

Kisah menarik ini telah mengilhami para hacker untuk menciptakan "penyusup" ke komputer orang lain yang disebut dengan trojan horse. Trojan pada saat ini berkaitan dengan masalah keamanan komputer yang cukup serius. Trojan dapat masuk ke komputer melalui beberapa cara dan dari berbagai sumber yang kurang dapat dipercaya di internet atau dari orang lain.

Trojan tidak memiliki masa aktif. Maksudnya disini adalah, trojan akan dada selamnya dan tidak pernah akan habis.

Ada banyak hal dapat dikembangkan programmer agar program yang dibuat tidak terdeteksi oleh antivirus atau trojan scanner. Programmer akan selalu bereksperimen untuk menciptakan trojan yang unik dengan fungsi baru dan metode enkripsi yang lebih hebat. 

Secara teknik, trojan dapat muncul dimana saja dan kapan saja, di sistem operasi manapun, dan berbagi platform. Trojan muncul dari program-program yang didownload di internet, terutama freeware atau shareware yang mencurigakan dan tidak berasal dari situs aslinya.

Salah satu indikasi komputer yang terinfeksi oleh trojan dapat digambar sebagai berikut :

Pada komputer terhubung dengan internet, misalnya saat mengobrol (chating) atau memeriksa e-mail, harddisk bekerja dengan sangat sibuknya dalam waktu yang lama. Selain itu juga, padahal kita tidak menjalankan program atau mendownload sesuatu yang mengharuskan piringan harddisk berputar cukup lama.

Sumber : Buku Menjadi Dokter Virus Komputer

Virus || Trojan

Istilah Trojan Istilah Trojan Reviewed by Ardy S on May 23, 2015 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.