Class Dasar Actionscript 3.0

ok langsung saja kita masuk "Class Dasar Actionscript 3.0". Disini saya akan menjelaskan sedikit bagaimana cara menggunakan "Actionscript Class". Perangkat lunak yang saya gunakan disini adalah Adobe flash cs 6 pro, dengan bahasa pemrograman Actionscript 3.0.

Pada tampilan berikut :

gambar 1. Create new Actionscript 3.0


1. Pilihlah Actionscript 3.0
2. Pada tampilan kerja buatlah objek kotak dengan menggunakan tool Rectangle Tool, kemudian ubah objek tersebut kebentuk MovieClip. Pada MovieClip inputkan nama pada Create Symbol dengan nama "mc_kotak".

3. Lanjut ke lembar kerja baru dengan menekan Ctrl+N.
4.Pada New Document pilih Actionscript 3.0 Class, kemudian inputkan Class name pada kolom disebelah kanan, ketikan "kotak" pada kolom.

Berikut tampilan Actionscript 3.0 Class :


gambar 2. Actionscript 3.0 Class

5. Ok, selanjutnya kembali ke Untitled-1 dimana terdapat objek kotak tadi. Pada Panel Library ketikkan "Classes" di AS Lingkage untuk penulisan nama class.

6. Save as file Untitled-1 dengan nama Classes.as

7. Jika file sudah disimpan selanjut ke script-1, dan ketikkan script berikut seperti dibawah ini.

 
gambar 3. Actionscript 3.0 Class -2

8.  Ok, jika penulisan diatas sudah benar selanjutnya menyimpan file dengan nama Classes.as (boleh dengan nama file berbeda).

9. Jalankan program dengan menekan Ctrl+Enter.





Class Dasar Actionscript 3.0 Class Dasar Actionscript 3.0 Reviewed by Ardy S on August 25, 2013 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.