Mengenal Sistem Koordinat layar 2D Flash


Game 2D dikenal sebagai game yang memiliki ruang dengan 2 sisi yaitu x dan y dan pengambaran pada game menggunakan vector maupun bitmap.
Sebelum mengenal sistem koordinat layar tentunya kita sudah mengenal yang namanya kordinat kartesian. Dimana terdapat sumbu x dan y dengan titik pusatnya adalah (0,0).

gambar 1. koordinat kartesian(kiri) dan koordinat layar flash(kanan)



Contoh penerapan sistem koordinat layar pada flash.
Misalkan pada permasalahan berikut, buatlah sebuah bola bergerak secara diagonal dari kiri atas kekanan bawah.

gambar 2. Pergerakan bola secara diagonal

1. Sebuah obyek bola yang telah diubah bentuk ke MovieClip dan pada instansce name diberi nama "bola".
2. Kemudian aktifkan Action script – frame (F9) untuk menuliskan perintah di bawah ini. Ketikkan script berikut :

   bola.onEnterFrame = function(){
      this._x+=10;
      this._y+=10;
   }

3. Jalankan program (control+Enter), maka bola akan berjalan secara diagonal.


Mengenal Sistem Koordinat layar 2D Flash Mengenal Sistem Koordinat layar 2D Flash Reviewed by Ardy S on February 15, 2013 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.