Pengenalan Actionscript

Apa itu Actionscript ?
gambar Adobe Flash


Actionscript adalah Object-Oriented Program (OOP) pemrograman yang dikembangkan oleh Macromedia Icn, dan sekarang dimiliki oleh Adobe System. OOP merupakan paradigma pemrograman yang beroreantasikan kepada obyek. Semua data dan fungsi di dalam paradigma dibungkus dalam kelas-kelas dan obyek-obyek. wikipedia.org

Untuk lebih memberikan gambaran dan mempertajam pemahaman mengenai Actionscript, pada blog ini akan dibahas sekilas tentang Actionscript.
  • Mengenal tipe data
  • Kondisi ( Decission )
  • Function, Method, dan kelas
  • Menggambar dengan Actionscript

Beberapa tipe data yang banyak digunakan adalah :
  • String (kumpulan karakter huruf, angka, dan beberapa tanda baca lainnya).
  • Number (datanumerik, tipe integer, tipe float).
  • Boolean (data yang terdiri dari "true" dan "false").
  • Object ( kumpulan dari properties yang mendeskripsikan obyek).
  • MovieClip (symbol yang digunakan untuk memainkan Animasi).
  • Void (mengidentifikasikan fungsi (function) yang tidak memberikan return value).
  • Null (bersifat null (kosong)).
  • undefined (tipe data yang belum didenfinisikan ).


1. Variable


Fungsi dari variable adalah untuk menyimpan informasi.
Beberapa penulisan variable :
  • variable dapat berupa sekumpulan karakter yang terdiri dari huruf dan angka.
  • variable diawali dengan huruf.
  • variable bersifat Case-Sensitive.
  • penamaan variable tidak boleh sama.
contoh variable :
   var nama : String ; 
   var angka : Number ; 

a. Penggunaan variable String :

  var nama : String ;
  nama = "ardy";
  trace (nama);

ketika program dijalankan akan muncul "ardy" pada output panel Flash.

b. Penggunaan variable Number :

  var nilaiA : Number ;
  var nilaiB : Number ;

    trace(nilaiA+nilaiB);
    trace(nilaiA-nilaiB);
    trace(nilaiA*nilaiB);
    trace(nilaiA/nilaiB);
    trace(nilaiA%nilaiB);
    nilaiA++;
    nilaiB++;

c.  Penggunaan variable Boolean :
  • logical AND (&&)
  • logical OR (||)
  • logical NOT (!)
   misalkan terdapat variable :

  var a : Boolean;
  var b : Boolean;
  var c : Boolean;

   logical AND

  c = a&&b;

   logical OR

  c = a||b;

   logical NOT

    c =!b;

d. Penggunaan tipe Data Objek.
Data objek adalah kumpulan properties. Properties adalah atribut yang mendiskripsikan suatu objek.

   var dataMahasiswa:Object = newObject();

   dataMahasiswa.nim = "0818001";
   dataMahasiswa.nama = "Ari Dzul";
   dataMahasiswa.jurusan = "Teknik Komp";
   dataMahasiswa.nilai = 99;
   trace("Nim:"+ dataMahasiswa.nim);
   trace("Nama:"+ dataMahasiswa.nama);
   trace("Jurusan:"+ dataMahasiswa.jurusan);
   trace("Nilai:"+ dataMahasiswa.nilai);

e. Penggunaan Data Movieclip.
Movieclip adalah data yang digunakan untuk menjalankan Animasi. Berikut actionscript yang digunakan untuk membuat obyek.

   this.createEmptyMovieClip("segitiga_mc", 1);// segitiga_mc adalah nama movieclip

   segitiga_mc.lineStyle(2, 0x00FF00, 100);
   segitiga_mc.beginFill(0xFF0000, 100);
   segitiga_mc.moveTo(100,300);
   segitiga_mc.lineTo(300,300);
   segitiga_mc.lineTo(200,100);
   segitiga_mc.lineTo(100,300);
   segitiga_mc.endFill();

f. Penggunaan Data void.
Data void, mendefinisikan suatu function yang tidak mengembalikan value suatu variable.

   function zeroArray(theArr:Array):Void {
      var i:Number;
      for (i= 0; i< theArr.length; i++) {
      theArr[i] = 0;
   }
   }
   varmyArr: Array = new Array();
   myArr[0] = 1;
   myArr[1] = 2;
   myArr[2] = 3;
   trace(myArr);
   zeroArray(myArr);
   trace(myArr);

g. Penggunaan tipe Data null.
Null, artinya variable yang tidak menyimpan suatu data.

   if (Selection.getFocus()== null){
     trace("noselection");
  }

h. Penggunaan tipe undifined.
Undifined, artinya variable yang belum memiliki value.


  var b: String;
  trace(b);
  if(b == undefined){
  trace("b belum punya nilai");
  }
  trace(a);


2. Kondisi (Decission) 


Contoh kondisi yang digunakan didalam actionscript.

   if...
   if... else
   if... else if....
   switch....

- Penggunaan Kondisi

var nilai : Number = 90;

  if(nilai >85){
     trace("Selamat Anda Mendapat Laptop Cantik");
  }
  else if (nilai >75){
     trace("Selamat Anda Mendapat Gelas Cantik");
  }
  else if (nilai >60){
     trace("Selamat Mencoba kembali");
  }


3. Function Dan Method



Function dan Methdo adalah kumpulan dari baris kode yang dapat digunakan berkali-kali dengan teknik pemanggilan sederhana. Contoh penggunaan function.

   function Pesan(){
        trace(“Hello word");
   }
   Pesan();

4. Menggambar dengan Actionscript


Beberapa drawing method yang sering digunakan, antara lain :
1. Menggambar pada stage yang didahului dengan _root.DrawingMethod();
2. Menggambar pada Movieclip, dapat menggunakan namaMovieclip.DrawingMethod(); atau bisa juga with(namaMovieclip){DrawingMethod();}

Contoh penggunaan Actionscript untuk menggambar obyek.


this.createEmptyMovieClip("segitiga_mc", 1);// segitiga_mc adalah nama movieclip

   segitiga_mc.lineStyle(2, 0x00FF00, 100);
   segitiga_mc.beginFill(0xFF0000, 100);
   segitiga_mc.moveTo(100,300);
   segitiga_mc.lineTo(300,300);
   segitiga_mc.lineTo(200,100);
   segitiga_mc.lineTo(100,300);
   segitiga_mc.endFill();


Semoga Bermanfaat.


Pengenalan Actionscript Pengenalan Actionscript Reviewed by Ardy S on January 23, 2013 Rating: 5

1 comment:

  1. Terimakasih artikelnya bermanfaat banget,

    Mau belajar microsoft office , desain grafis , dan programming? yuk lihat tutorialnya di tutorial-tutorial gratis

    ReplyDelete

Powered by Blogger.