MODUL FLASH


Mengenal Adobe Flash


Pada Project29-blogku akan dijelaskan sedikit mengenai Adobe Flash cs 3. Artikel ini berjudul MODUL FLASH, dimana modul flash adalah pengenalan dalam menggunakan Adobe Flash cs 3. Didalam artikel ini juga akan dijelaskan tentang tool-tool yang ada didalam Adobe Flash cs 3. Mungkin bagi para pengajar artikel ini sangat cocok untuk diterapkan didalam kelas atau saat menjalankan praktikum. 



Adobe Flash banyak digunakan dalam pembuatan web, animasi, game, layout presentasi, dan aplikasi media pembelajaran. Flash memberikan hasil yang baik pada sebuah grafik dan animasi, karena flash memiliki peran dalam hal ini. Menuju kemajuan teknologi, flash terus dikembangkan hingga dapat digunakan diberbagai gadget, seperti tablet dan adroid. Berikut penjelasan mengenai modul flash. 


1. Area Lembar Kerja Flash (Workspace)


Saat mengaktifkan Adobe Flash cs 3 pengguna akan diperlihatkan sebuah document Flash yang mengharuskan anda untuk memilih, yaitu file Actionscript 2.0 dan file Actionscript 3.0 (yang paling banyak digunakan). Misalkan yang lebih sederhana dulu, kita memilih file Actionscript 2.0. 

Setelah memilih file actionscript 2.0, maka kita akan memasuki workspace atau lembar kerja flash.


gambar 1. workspace flash

Berikut penjelasan dari workspace flash cs 3.
  • Menu
Berisi kontrol yang berfungsi sebagai membuat, menyimpan, membuka, mengatur obyek sesuai dengan menu yang ditampilkan
  • Stage
Sebagai area kerja dalam pembuatan obyek animasi.
  • Tool box
Sekumpulan alat yang digunakan untuk membuat objek. Terlihat seperti tabel dibawah ini.

Nama tool
Fungsi
Select Tool
Digunakan untuk memilih dan memindahkan objek
Subselect Tool
Mengubah bentuk objek
Free Transform Tool
Digunakan untuk mengubah bentuk
Gradient Transform Tool
Mengubah warna gradasi
Line Tool
Membuat garis
Lasso Tool
Menyeleksi objek dengan bentuk seleksi yang diinginkan
Pen Tool
Membuat bentuk objek berupa titik-titik sebagai penghubung
Text Tool
Digunakan sebagai membuat teks
Oval Tool
Membuat objek elipse
Rectangle Tool
Membuat objek kotak
- Pencil Tool
- Pencil tool >> digunakan untuk menggambar objek
- Brush Tool

- Brush tool >> digunakan untuk menggambar objek dengan ketebalan yang dapat ditentukan.
Ink bottle Tool
Memberikan warna pada garis tepi (outline)
Paint Bucket Tool
Memberikan warna pada objek secara bebas
Eyedropper Tool
Mengambil sample warna
Erase Tool
Menghapus objek
Hand Tool
Mengeser Stage
Zoom Tool
Memperbesar dan memperkecil objek
Stroke Color
Untuk warna garis tepi (outline)
Fill Color
Member warna untuk objek


  • Timeline
Tempat untuk membuat dan mengontrol obyek animasi. Timeline terdapat layer dan frame yang nantinya dapat digunakan sebagai tempat memposisikan obyek.
  • Panel
Lokasi untuk mengatur obyek, teks, posisi obyek, yang akan digunakan untuk memodifikasi obyek yang berada diworkspace.
  • Grid
Set garis-garis bayangan yang berbentuk kotak-kotak digunakan untuk membantu dalam meletakan obyek. Cara memunculkan grid, dari Menu View --> Show grid. Grid dapat diatur sesuai dengan keinginan kita.
  • Perbesar gambar/zoom
Teknik zooming dapat dilakukan dengan memilih Menu Views --> Magnification --> Fit in Window.

2. Dasar dasar Animasi Flash

Ada 4 teknik dasar animasi dalam flash, yaitu.

  • Tween Motion
Gerak obyek sederhana dari kiri kekanan, atau kanan kekiri.
  • Tween Shape
Animasi yang dapat mengubah obyek bitmap, dimana dapat mengubah bentuk obyek ke bentuk obyek lainnya. Contonya : dari bentuk obyek dengan huruf A keberubah kebentuk obyek dengan angka 1.
  • Guide Animation
Gerak obyek mengikuti sebuah jalur, dimana gerakan obyek tersebut dibantu dengan Tween motion.
  • Masking

Masking yang artinya secara umum adalah topeng atau menutup. Fungsi Masking adalah menutup sebuah obyek. 


Untuk materi Actionscript bisa dilihat pada halaman Actionscript

Semoga bermanfaat.



Flash tutorial || Tutorial Membuat Game || Animasi dan Game || Pemrograman Actionscript

MODUL FLASH MODUL FLASH Reviewed by Ardy S on January 24, 2013 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.