HIGHSCORE

Pada tutorial kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara Membuat Highscore Dengan Flash cs 5 : Actionscript 3.0. Bentuk high score yang akan saya buat cukup sederhana, yaitu terdapat input skor, nama pengguna, dan tombol. Data akan tersimpan ke file sementara atau bisa disebut dengan file cookies. Berikut tampilan dari high score yang saya buat.

gambar 1. Highscore flash.

Langkah langkah Membuat Highscore Dengan Flash cs 5.

1. Buka adobe flash cs5.
2. Pada workspace, layer 1 frame 1 buatlah "nama" dan "score" menggunakan Text Tool.
3. Selanjutnya tambahkan layer baru dibawah layer 1, buatlah kotak memanjang bewarna hijau menggunakan Rectangle tool.

4. Tambahkan layer baru diatas layer 1, buatlah 3 buah kolom.
   - perhatikan gambar berikut ini :


    gambar 2. Perhatikan

4. Selanjutnya menambahkan tombol/button bewarna merah. Buatlah menggunakan Rectangle tool berbentuk kotak dan ubahlah kebentuk button (F8). Isi instance name tombol dengan nama "kirim".

5. Langkah berikutnya yaitu menambahkan keyframe pada frame 2 layer 1, layer 2, dan layer 3, tekan F7 (frame kosong).

6. Pada frame 2 layer 1, buatlah 2 buah.
   - perhatikan gambar berikut ini :

gambar 3. Perhatikan2

7. Selanjutnya menambahkan layer baru diatas layer 3 dan keyFrame untuk layer 1 dan 2 (F7), untuk layer actionscript.

8. layer 4 frame 1, tekan F9 dan ketikan script berikut :

   import flash.events.MouseEvent;
   import flash.text.TextField;
   import flash.events.TextEvent; 
   import flash.events.Event;

  stop();
  var angka:Number=Math.floor(Math.random()*2000000+6800000);


  skor_txt.text=""+angka;
  var inputkan:String;
  var skornumber:Number;
  var namaString:String;
  skornumber = angka;
  input_txt.text="";
  namaString=nama_txt.text;
  var DataSkor = SharedObject.getLocal("scoreTest.as");
  function simpanData(score,player):void{
  DataSkor = SharedObject.getLocal("scoreTest.as");

if (!DataSkor.data.pemain) {
DataSkor.data.pemain = new Array();
DataSkor.data.pemain.push({skornya:0, namanya:"None"});
DataSkor.data.pemain.push({skornya:0, namanya:"None"});
DataSkor.data.pemain.push({skornya:0, namanya:"None"});
DataSkor.data.pemain.push({skornya:0, namanya:"None"});
DataSkor.data.pemain.push({skornya:0, namanya:"None"});
}
DataSkor.data.pemain.push({skornya:score, namanya:player});
DataSkor.flush();
}
  var nilai:Number=0;
  var benar:Boolean=false;
  kirim.addEventListener(MouseEvent.CLICK,a_kirim);
  function a_kirim(e:MouseEvent):void{
inputkan=input_txt.text;
nama_txt.text=""+inputkan;
namaString=nama_txt.text;
benar=true;

}
  addEventListener(Event.ENTER_FRAME,j_k);
  function j_k(e:Event):void{
if(benar==true){
nilai+=1;
if(nilai>=20){
nilai=30;
simpanData(skornumber,namaString);
gotoAndStop(2);
}
}
}

9. Selanjutnya untuk layer 4 frame 2, ketikan script berikut.


import flash.net.LocalConnection;

tampil_nama.text="";
tampil_score.text="";
var tampil1:String;
var tampil2:String;

tampil2 =tampil_score.text;
tampil1 =tampil_nama.text;

DataSkor = SharedObject.getLocal("scoreTest.as");
DataSkor.data.pemain.sortOn("skornya",Array.DESCENDING | Array.NUMERIC);
if (!DataSkor.data.pemain) {
DataSkor.data.pemain = new Array();
DataSkor.data.pemain.push({skornya:0, namanya:"None"});
DataSkor.data.pemain.push({skornya:0, namanya:"None"});
DataSkor.data.pemain.push({skornya:0, namanya:"None"});
DataSkor.data.pemain.push({skornya:0, namanya:"None"});
DataSkor.data.pemain.push({skornya:0, namanya:"None"});
DataSkor.data.pemain.sortOn("skornya",Array.DESCENDING | Array.NUMERIC);
}
var i:int;
for (i=0; i<5; i++) {
//tampil_score.text = ""+((DataSkor.data.pemain[i].skornya+"\n")+(tampil_score.text));
tampil2+=DataSkor.data.pemain[i].skornya+"\n";
tampil_score.text=""+tampil2;
//tampil_score.text = ""+((DataSkor.data.pemain[i].skornya+"\n"));

}
for (i=0; i<5; i++) {
//tampil_nama.text = ""+((DataSkor.data.pemain[i].namanya+"\n")+(tampil_nama.text));
tampil1+=DataSkor.data.pemain[i].namanya+"\n";
tampil_nama.text=""+tampil1;
//tampil_nama.text = ""+((DataSkor.data.pemain[i].namanya+"\n"));

};
//}

10. Running program (ctrl+Enter).

ps : pada waktu program high score dijalankan kolom teks tidak terlihat, gantilah kebentuk "Use Device Font" yang terdapat pada properties masing-masing kolom.


download file di link download.

HIGHSCORE HIGHSCORE Reviewed by Ardy S on January 17, 2013 Rating: 5

15 comments:

  1. pening bila tgk coding.btw,salam kenal.thanx for dropping by at my blog. :)

    ReplyDelete
  2. Thanks for visiting, I wish you a beautiful weekend dear friend. visit here… http://fotisbazakas.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. Udah lama ga buka Flash nih, seperti mau coba lagi buat animasi flash... nice info gan...

    ReplyDelete
  4. .: visiting here with smile, nice greetings...^_^

    ReplyDelete
  5. wah,.,. sdikit bingung gan,., tp gpp lah,., berusaha,.,
    jangan lupa kunjungan disini

    ReplyDelete
  6. Asyik..dapet ilmu baru nih...sob
    ta simpen dulu...soale masih blm mudeng hehe :)
    Salam ...

    ReplyDelete
  7. Kunjungan balik

    Bagus tutorialnya :)

    ReplyDelete
  8. MANTAB tutornya sob.. tapi belum bisa praktekin nih..

    ReplyDelete
  9. mantab gan tutorialnya..
    lam kenal ^_^

    ReplyDelete
  10. cara menggabungkan dengan gamenya gimana gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tenang aja bro., konsep sama seperti diatas. :) tinggal diakalin aja.

      Delete
  11. untuk reset score gimana bos?

    ReplyDelete
  12. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.