Game Mencocokan Kata

Tutorial kali ini membahas tentang permainan Mencocokan Kata. Maksudnya disini adalah, mencocokan beberapa kata yang kira-kira tepat jawabannya. Contoh kasus, terdapat 3 buah kolom kosong dimana di atas kolom yang kosong terdapat tulisan dengan arti bahasa jepang, disini kita harus mencocokan arti kata yang ada dalam bahasa jepang tersebut kedalam bahasa Indonesia.

Proses penjawabannya pun dilakukan dengan men-drag atau mengeser objek/memindahkan objek kedalam kolom kosong tersebut, jika jawaban yang dimasukkan kedalam kosong tersebut salah maka jawaban anda akan dikembalikan ke posisi awalnya, jika jawaban yang dihasilkan adalah benar, maka jawaban anda akan dituliskan didalam kolom tersebut.

Berikut gambar dari tutorial yang saya buat.



















langkah pembuatan game Mencocokan Kata :
1. Buka Adobe Flash cs3 pro.
2. Pilihlah Flash file action script 2.0
3. Buatlah kata-kata seperti, mencocokan kata, ogenki desuka, konnichiwa, dan sumimasen dengan menggunakan teks tool.
4. Kemudian membuat jawaban untuk pertanyaan. selamat siang, permisi, apa kabar ?.
5. Untuk masing-masing jawaban dijadikan movie clip (selamat siang, permisi, apa kabar ?).
6. Berikan instance name untuk masing-masing jawaban, selamatsiang_mc, permisi_mc, apakabar_mc.













gambar penjelasan

7.  Selanjutnya membuatkan layer baru dan letakkan layer berada paling atas, beri nama dengan nama layer actionscript.
8. Pada layer actionscript, pilih frame 1 dan tekan F9 untuk mengaktifkan area action-frame.
9. Tulislah script berikut kedalam action-frame :


// -- variable -- //

xpermisi = permisi_mc._x;
ypermisi = permisi_mc._y;
xapakabar = apakabar_mc._x;

yapakabar = apakabar_mc._y;

xselamatsiang = selamatsiang_mc._x;

yselamatsiang = selamatsiang_mc._y;

//  ---- script untuk tombol permisi_mc --- //


permisi_mc.onPress = function(){

startDrag(this);

}

permisi_mc.onRelease = function(){

stopDrag();

if(eval(this._dropTarget) == kolom1 ||eval(this._dropTarget)== kolom2 ||

eval(this._dropTarget)== kolom3){
if(eval(this._dropTarget)== kolom1){
permisi_mc._x = kolom1._x; permisi_mc._y = kolom1._y; trace("jawaban anda salah"); permisi_mc._x = xpermisi; permisi_mc._y = ypermisi;
}
if(eval(this._dropTarget)== kolom2){
permisi_mc._x =kolom2._x; permisi_mc._y =kolom2._y; trace("jawaban anda salah"); permisi_mc._x = xpermisi; permisi_mc._y = ypermisi;
}
if(eval(this._dropTarget)== kolom3){
permisi_mc._x = kolom3._x; permisi_mc._y = kolom3._y; trace("jawaban anda benar"); // jika jawaban benar permisi_mc akan beralih ke koordinat -100 x permisi_mc._x = -100; kolom3._visible = false;
}
}else{
permisi_mc._x =xpermisi; permisi_mc._y =ypermisi;
}
}
//-- script untuk apakabar_mc --//

apakabar_mc.onPress = function(){
startDrag(this);
}
apakabar_mc.onRelease = function(){
stopDrag();
if(eval(this._dropTarget) == kolom1 ||eval(this._dropTarget)== kolom2 ||
eval(this._dropTarget)== kolom3){
if(eval(this._dropTarget)== kolom1){
apakabar_mc._x = kolom1._x; apakabar_mc._y = kolom1._y; trace("jawaban anda benar"); // jika jwaban benar maka apakabar_mc akan beralih ke koordinat -100 x; apakabar_mc._x = -100; kolom1._visible = false;;
}
if(eval(this._dropTarget)== kolom2){
apakabar_mc._x = kolom2._x; apakabar_mc._y = kolom2._y; trace("jawaban anda salah"); apakabar_mc._x =xapakabar; apakabar_mc._y =yapakabar;
}
if(eval(this._dropTarget)== kolom3){
apakabar_mc._x = kolom3._x; apakabar_mc._y = kolom3._y; trace("jawaban anda salah"); apakabar_mc._x = xapakabar; apakabar_mc._y = yapakabar;
}
}else{
apakabar_mc._x = xapakabar; apakabar_mc._y = yapakabar;
}
}

// --  script untuk selamatsiang_mc --//

selamatsiang_mc.onPress = function(){
startDrag(this);
}
selamatsiang_mc.onRelease = function(){
stopDrag();
if(eval(this._dropTarget) == kolom1 ||eval(this._dropTarget)== kolom2 ||
eval(this._dropTarget)== kolom3){
if(eval(this._dropTarget)== kolom1){
selamatsiang_mc._x = kolom1._x; selamatsiang_mc._y = kolom1._y; trace("jawaban anda salah"); selamatsiang_mc._x = xselamatsiang; selamatsiang_mc._y = yselamatsiang;
}
if(eval(this._dropTarget)== kolom2){
selamatsiang_mc._x = kolom2._x; selamatsiang_mc._y = kolom2._y; trace("jawaban anda benar"); // jika jawaban benar maka selamatsiang_mc akan beralih ke koordinat -100 x selamatsiang_mc._x =-100; 
kolom2._visible = false;
}
if(eval(this._dropTarget)== kolom3){
selamatsiang_mc._x = kolom3._x; selamatsiang_mc._y = kolom3._y; trace("jawaban anda salah"); selamatsiang_mc._x = xselamatsiang; selamatsiang_mc._y = yselamatsiang;
}
}else{
selamatsiang_mc._x = xselamatsiang; selamatsiang_mc._y = yselamatsiang;
}
}

10. tekan ctrl+Enter untuk Run Movie

sumber download disini 
Game Mencocokan Kata Game Mencocokan Kata Reviewed by Ardy S on September 09, 2012 Rating: 5

1 comment:

  1. boleh minta file fla.nya
    kalo boleh kirim ke mr.khoiry@yahoo.com

    ReplyDelete

Powered by Blogger.